Saturday, 3 March 2018

Multimedia Interaktif

Multimedia Interaktif adalah suatu gabungan dari berbagai macam karakter text, gambar, suara, serta video yang mengandung berbagai macam informasi. Multimedia sendiri bisa kita akses dengan perangkat elektronik seperti laptop dan sebagainya.

Menurut pendapat dari beberapa ahli multimedia interaktif adalah :

  1. Multimedia interaktif adalah alat yang dapat menciptakan persentasi yang dinamis dan interaktif, yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan gambar video. (Robin dan Linda dalam kutipan Benardo, 2011)
  2. Multimedia interaktif adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berintraksi, berkreasi dan berkomunikasi. (Hofstetter dalam kutipan Benardo, 2011)
Multimedia interaktif sendiri memiliki fungsi penting dalam perkembangan zaman seperti sekarang ini. Menurut kesimpulan dari sebuah prestasi yang dicapai oleh Yanuar Rahman, fungsi dari multimedia interaktif antara lain adalah :

  1. Komunikasi antar bisnis: manajemen, absensi, keuangan.
  2. Komunikasi bisnin dan konsumen: e-commerce.
  3. Komunikasi antar konsumen: jejaring sosial.
  4. E-Learning: training, alat bantu pengajaran, media pembelajaran.
  5. Hiburan: games.
  6. Komunikasi pemerintah: informasi publik, layanan masyarakat.
  7. Komunikasi kebudayaan: informasi museum dan galeri.
dalam kutipan (Benardo, 2011) Suyanto mengungkapkan bahwa Multimedia interaktif memiliki 2 jenis yaitu Multimedia Interaktif Online dan Offline.
  • Multimedia Interaktif Online adalah media interaktif yang cara penyampaiannya melalui jalur/kawat/saluran/jaringan.  Contohnya situs Web, Yahoo Messengers, dan lain sebagainya. Jenis media ini termasuk media lini atas, yang komunitas sasarannya luas, dan  mencakup masyarakat luas.
  • Multimedia Interaktif Offline  adalah media interaktif yang cara penyampainnya tidak melalui jalur/kawat/saluran/  jaringan. Contohnya CD interaktif : Company Profile, Media Pembelajaran. Media ini termasuk media lini bawah karena sasarannya, tidak terlalu luas dan hanya mencakup masyarakat pada daerah tertentu saja.

sumber :
  • https://samiyantosolo.wordpress.com/mengajar/desain-multimedia-interaktif/definisi-multimedia-interaktif/
  • sir.stikom.edu/302/5/BAB%20II.pdf
  • elib.unikom.ac.id/download.php?id=192223

No comments:

Post a Comment